Penulis Topik: N1MM  (Dibaca 308 kali)

Gundala

  • Anyaran
  • *
  • Tulisan: 12
  • Reputasi: +1/-0
N1MM
« pada: Desember 12, 2021, 09:21:26 AM »
N1MM


N1MM Logger terkenal dengan software pencatat hasil dari ber QSO. Dengan bantuan software ini kita dengan mudah mencatat hasil QSO dan dengan mudah mengetahui duplikasi call sign. bahkan untuk berbagai macam kegiatan kontes dengn mudah di catat dengan program ini. Dan masih banyak lagi fungsi daipada softwarer ini.

N1MM adalah sebuah PROGRAM yang berisi kumpulan PROGRAM, didalamnya ada software pengolah database yang tentunya ini menjadi jantung dari pengelolaan logbook. Dalam database inilah Data QSO disimpan, dan dalam implementasinya N1MM telah memberikan fitur pengaturan data logbook, sehingga pencatatan menjadi lebih rapi. Misalnya kita dapat mengelompokkan logbook menjadi per hari atau per bulan atau pertahun, juga bisa per kegiatan, per kontes, yang pada praktisnya tak ubahnya seperti kita menata buku dalam sebuah rak buku, sehingga memudahkan kita dalam pencarian atau pemeriksaan.

Selain pengolah database N1MM juga dilengkapi dengan engine device protocol, dengan begitu sangat memungkinkan kita untuk berinteraksi, mengendalikan beberapa device langsung dari N1MM, misalnya untuk fungsi CAT, menggerakkan rotor, keyer, TNC dan lain-lain, bahkan dengan beberapa kostumisasi kita dapat dengan lincahnya kita mengudara tanpa harus melihat atau menyentuh radio kita.

Kemudian N1MM juga dilengkapi dengan engine network protocol. Ini memungkinkan N1MM melakukan team logging, misalnya pada sebuah club station yang mengikuti kontes dengan kategori Multi Radio dan Multi Operator. Juga memungkinkan untuk melakukan pengiriman atau pengambilan data secara remote dari tempat lain, misalnya untuk keperluan DX Cluster, propagasi dan aktifitas lainnya yang dilakukan secara online dan realtime. Dan juga memungkinkan N1MM untuk berinteraksi dengan software lainnya misalnya software komunikasi digital.

Menurut pembuat program, N1MM dapat berjalan walau menggunakan sebuah komputer sekelas Pentium III dengan sistem operasi Windows 95, pada kenyataannya jika peralatan kita seperti itu maka kemungkinan besar kita hanya dapat menggunakan fitur-fitur standar N1MM saja, katakanlah hanya sebuah pencatat logbook. Sedangkan untuk menjalankan fitur yang lebih kompleks maka kita membutuhkan resource yang lebih besar pula. Pada saat ini, penulis menggunakan sebuah Laptop dengan processor Core 2 Duo dengan sistem operasi Windows XP dan hampir seluruh fitur N1MM dapat dijalankan dengan baik.

Walaupun tidak wajib, untuk lebih nyaman dalam pengoperasiannya, sebaiknya kita memiliki juga peralatan pendukung tambahan, terutama yang membuat radio kita terhubung dengan N1MM. Penulis melengkapinya dengan sebuah kabel CAT yang menghubungkan N1MM dengan Yaesu Ft-857 dan juga interface audio yang menghubungkan audio laptop dengan audio pada radio. Jika anda dapat memenuhinya, maka yang harus dikenali dan diingat adalah media mana yang menghubungkan device mana. Misalnya, harus kita ingat bahwa port Serial dengan nama COM4 terhubung dengan CAT, atau port Serial COM5 terhubung dengan keyer CW, lalu channel LineIN pada audio laptop terhubung dengan output speaker radio dan lain-lain. Dalam hal ini penulis mengasumsikan bahwa pembaca telah berhasil menghubungkan device yang ada dan dianggap dapat berfungsi dengan baik.

Link Download : https://n1mmwp.hamdocs.com/